muhamad gunawan

Just another WordPress.com site

Tugas Mandiri Arsitektur Komputer

  1. Jelaskan Tipical Arsitektur komputer…
  2. Jon Von-Neumann ringkas sejarahnya…
  3. ALU dan Control Unit berfungsi…
  4. Komputer terus berevolusi dan mencapai 5 generasi sebutkan, tahun dan perkembangan teknologinya…
  5. Jelaskan gambar berikut dibawah ini..

jawaban:

  1. Arsitektur komputer meliputi spesifikasi sekumpulan instruksi dan unit hardware yang melaksanakan instruksi tersebut. Disini dibahas pula banyak aspek pemrograman dan komponen software dalam sistem komputer.
  2. John Von Neumann adalah salah satu ilmuwan terbesar abad ini. Beliaulah yang pertama kali menggagaskan konsep sebuah sistem yang menerima intruksi-intruksi dan menyimpannya dalam sebuah memory. Konsep inilah yang menjadi dasar arsitektur komputer modern. John Von Neumann meningkat karya – karyanya dalam bidang matematika, teori kuantum, game theory, fisika nuklir, dan ilmu komputer. Beliau juga merupakan salah seorang ilmuwan yang sangat berpengaruh dalam pembuatan bom atom di Los Alamos pada Perang Dunia II lalu. Kepiawaian John Von Neumann teletak pada bidang teori game yang melahirkan konsep automata, teknologi bom atom dan komputasi modern yang kemudian melahirkan komputer

    John Von Neumann di lahirkan di Budapest, ibukota Hungaria pada 28 Desember 1903 dengan nama Neumann Janos.

  3. Fungsi ALU adalah melakukan semua perhitungan aritmatika (matematika) yang terjadi sesuai dengan instruksi program. sedangkan Unit kontrol (bahasa Inggris: Control Unit – CU) adalah salah satu bagian dari CPU yang bertugas untuk memberikan arahan/kendali/ kontrol terhadap operasi yang dilakukan di bagian ALU (Arithmetic Logical Unit) di dalam CPU tersebut.  Tanggung jawab dari unit kontrol adalah mengambil intruksi-intruksi dari memori utama dan menentukan jenis instruksi tersebut.
  4. Generasi Pertama (1944-1959), Generasi Kedua (1960-1964), Generasi Ketiga (1964-1975), Generasi Keempat (1975-Sekarang), dan Generasi Kelima (Sekarang – Masa depan)
  5. 1. Processor, biasa disebut dengan Mikroprosesor adalah suatu komponen (biasanya wujud fisiknya berupa chip) yang terdapat dalam suatu sistem komputer yang berfungsi sebagai unit pusat pemroses atau pengolah data dan istruksi. Dalam bahasa kasar sering di istilahkan sebagai “otak komputer”. Mikroprosesor ini umumnya terpasang pada motherboard. Penulisan kata mikroprosesor sering disingkat µP atau uP. Istilah mikroprosesor juga disebut dengan nama prosesor atau CPU (central processing unit).

    2. Control Unit (CU), terdapat di dalam processor yang bertugas mengatur dan mengendalikan semua peralatan yang ada pada sistem komputer, mengambil instruksi dari main memori, mengambil data dari main memori jika diperlukan oleh pemroses, mengirim instruksi ke ALU serta mengawasi sistem kerjanya, dan menyimpan hasil proses ke main memori.

    3. Arithmatic Logic Unit (ALU), terdapat didalam processor yang bertugas melakukan operasi perhitungan aritmatik, melakukan keputusan dari operasi logika (perbandingan dua buah elemen logika) dengan menggunakan operator logika.

    4. Register, simpanan kecil atau memori dalam CPU yang mempunyai kecepatan sangat tinggi yang digunakan untuk menyimpan instruksi dan data yang sedang di proses oleh CPU.

    5. Main Memory, simpanan yang kapasitasnya lebih besar dari pada register. Dibagi menjadi dua yaitu RAM dan ROM. Selain itu terdapat pula memori yang disebut cache memory. RAM (Random Acces Memory) jenis memori yang isinya dapat berubah selama komputer dihidupkan dan mempunyai sifat mengingat data (volatile). ROM (Read Only Memory) jenis memori yang isinya tidak hilang ketika tidak mendapat pasokan listrik dan isinya hanya dapat dibaca (non volatile). Sedangkan Cache Memory adalah memori yang mempunyai kecepatan sangat tinggi yang digunakan sebagai perantara antara RAM dan CPU.

Single Post Navigation

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: