muhamad gunawan

Just another WordPress.com site

Pendidikan karakter menurut para ahli

Tugas 1

UUD Pasal 31 tentang Pendidikan dan Kebudayaan pada ayat 3 secara tegas menyebutkan bahwa pemerintah mengusahakan dan menyelenggarakan satu sistem pendidikan nasional yang meningkatkan keimanan dan ketaqwaan serta akhlak mulia dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa .

Kemudian dijabarkan dalam Undang-Undang Nomor 20, Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional disebutkan bahwa pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses  pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan , pengendalian diri , kepribadian , kecerdasan , akhlak mulia , serta keterampilan yang diperlukan dirinya , masyarakat , bangsa dan negara .

Tugas 2

Pendidikan karakter sudah ada ketika kita baru lahir didunia ini, yang dimaksud dengan pendidikan yang berkarakter adalah suatu pendekatan holistik yang menghubungkan dimensi moral dengan ranah sosial dan sipil dari kehidupan peserta didik. Pendidikan berkarakter diiringi dengan integritas diri manusia, jika manusia tergolong memiliki integritas yang baik, jujur, bertanggung jawab maka orang tersebut sudah dalam kategori pendidikan yang berkarakter, tentu saja setiap orang harus berpendidikan sebagai contoh seorang pengajar atau guru diberikan tugas untuk mengajar orang lain, maka orang tersebut harus harus memiliki pendidikan dan pengetahuan.
Kesimpulannya :
integritas adalah kunci dari pendidikan karakter, bangsa yang memiliki integritas yang jujur dan memberikan kontribusi kepada rakyatnya akan menjadi bangsa yang berakhlak mulia.

Tugas 3

Pengertian karakter menurut Hasanah (2009) merupakan standar-standar batin yang terimplementasi dalam berbagai bentuk kualitas diri.

menurut Megawangi (2010). “ Istilah ini lebih fokus pada tindakan atau tingkah laku .

Menurut Yudi Latifr (2009) yang dimaksud pendidikan karakter adalah suatu payung istilah yang menjelaskan berbagai aspek pengajaran dan pembelajaran bagi perkembangan

Single Post Navigation

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: