muhamad gunawan

Just another WordPress.com site

PTI Pertemuan 5

Register merupakan alat penyimpanan kecil yang mempunyai kecepatan akses cukup tinggi , yang digunakan untuk menyimpan data dan instruksi yang sedang diproses sementara data dan instruksi lainnya yang menunggu giliran untuk diproses masih disimpan di dalam memori utama . Secara analogi , register ini dapat diibaratkan sebagai ingatan di otak bila kita melakukan pengolahan data secara manual, sehingga otak dapat diibaratkan sebagai CPU, yang berisi ingatan-ingatan , satuan kendali yang mengatur seluruh kegiatan tubuh dan mempunyai tempat untuk melakukan perhitungan dan perbandingan logika.

Instruksi ini dibaca dan diingat ( instruksi yang sedang diproses disimpan di register ).

􀂃 Accumulators – dapat digunakan sebagai holding data dalam kalkulasi .

􀂃 Address Registers – digunakan untuk menyimpan penempatan memori data data atau instruksi untuk digunakan oleh suatu program.

􀂃 Stack Pointer – register ini digunakan selama sub-routine yang bersarang dan bertumpuk didasarkan aritmatika .

􀂃 Status Register – register ini menyediakan suatu layanan pada CPU dengan pemeliharaan status operasi yang terakhir yang dilaksanakan oleh ALU.

􀂃 Instruction Pointer – kadang-kadang dikenal sebagai program counter, pointer dapat merespon untuk alamat memori dari instruksi berikutnya yang akan di eksekusi .

October 24, 2011
Chapter 5 The Components Of The System Unit 2

ada tiga macam memori yang dipergunakan di dalam sistem komputer, yaitu:

1. Register , digunakan untuk menyimpan instruksi dan data yang sedang diproses.

2. Main memory , dipergunakan untuk menyimpan instruksi dan data yang akan diproses dan hasil pengolahan.

3. Secondary storage , dipergunakan untuk menyimpan program dan data secara permanen.

October 24, 2011
Chapter 5 The Components Of The System Unit 2

Ada banyak register yang terdapat pada CPU dan masing-masing sesuai dengan fungsinya. Di bawah ini akan diberikan penjelasan secara garis besar dari masing-masing register :

1. Instruction Register (IR) digunakan untuk menyimpan instruksi yang sedang diproses.

2. Program Counter (PC) adalah register yang digunakan untuk menyimpan alamat lokasi dari memori utama yang berisi instruksi yang sedang diproses. Selama pemrosesan instruksi oleh CPU, isi dari PC diubah menjadi alamat dari memori utama yang berisi instruksi berikutnya yang mendapat giliran akan diproses, sehingga bila pemrosesan sebuah instruksi selesai maka jejak instruksi selanjutnya di memori utama dapat dengan mudah didapatkan.

3. General Purpose Register , yaitu register yang mempunyai kegunaan umum yang berhubungan dengan data yang sedang diproses. Sebagai contoh, register jenis ini yang digunakan untuk menampung data yang sedang diolah disebut dengan operand register , sedang untuk menampung hasil pengolahan disebut accumulator .

4. Memory Data Register (MDR) digunakan untuk menampung data atau instruksi hasil pengiriman dari memori utama ke CPU atau menampung data yang akan direkam ke memori utama dari hasil.

pengolahan oleh CPU.

5. Memory Address Register (MAR) digunakan untuk menampung alamat data atau instruksi pada memori utama yang akan diambil atau yang akan diletakkan. Sebagai tambahan dari register , beberapa CPU menggunakan suatu cache memory yang mempunyai kecepatan sangat tinggi dengan tujuan agar kerja dari CPU lebih efisien dan mengurangi waktu yang terbuang. Tanpa cache memory , CPU akan menunggu sampai data atau instruksi diterima dari memori utama, atau menunggu hasil pengolahan selesai dikirim ke memori utama baru proses selanjutnya bisa dilakukan. Padahal proses dari memori utama lebih lambat dibanding kecepatan register sehingga akan banyak waktu terbuang.

October 24, 2011
Chapter 5 The Components Of The System Unit 2

Bila sejumlah besar dari perhitungan harus dilakukan, maka untuk mempercepat proses biasanya dipergunakan unit tambahan yang disebut dengan array processor atau co-processor . Unit ini terpisah dari unit lainnya yang dapat ditambahkan pada pemroses utamanya.

October 24, 2011
Chapter 5 The Components Of The System Unit 2

Struktur RAM terbagi menjadi empat bagian utama, yaitu:

1. Input storage , digunakan untuk menampung input yang dimasukkan melalui alat input.

2. Program storage , digunakan untuk menyimpan semua instruksi-instruksi program yang akan diakses.

3. Working storage , digunakan untuk menyimpan data yang akan diolah dan hasil pengolahan.

4. Output storage , digunakan untuk menampung hasil akhir dari pengolahan data yang akan ditampilkan ke alat output

October 24, 2011
Chapter 5 The Components Of The System Unit 2

Dari namanya, ROM hanya dapat dibaca sehingga pemrogram tidak bisa mengisi sesuatu ke dalam ROM. ROM sudah diisi oleh pabrik pembuatnya berupa sistem operasi yang terdiri dari program-program pokok yang diperlukan oleh sistem komputer, seperti misalnya program untuk mengatur penampilan karakter di layar, pengisian tombol kunci papan ketik untuk keperluan kontrol tertentu, dan bootstrap program .

October 24, 2011
Chapter 5 The Components Of The System Unit 2

Program bootstrap diperlukan pada saat pertama kali sistem komputer diaktifkan. Proses mengaktifkan komputer pertama kali ini disebut dengan booting, yang dapat berupa cold booting atau warm booting .

October 24, 2011
Chapter 5 The Components Of The System Unit 2

Cold booting merupakan proses mengaktifkan sistem komputer pertama kali untuk mengambil program bootstrap dari keadaan listrik komputer mati ( off ) menjadi hidup ( on ).

October 24, 2011
Chapter 5 The Components Of The System Unit 2

warm booting merupakan proses pengulangan pengambilan program bootstrap pada saat komputer masih hidup dengan cara menekan tiga tombol tombol pada papan ketik sekaligus, yaitu Ctrl , Alt , dan Del . Proses ini biasanya dilakukan bila sistem komputer macet (crash) , daripada harus mematikan aliran listrik komputer dan menghidupkannya kembali.

October 24, 2011
Chapter 5 The Components Of The System Unit 2

Prosesor adalah unit utama tempat pemrosesan dilakukan, atau Peralatan hardware atau sistem software yang dapat melakukan berbagai operasi atas data. Komponen ini juga disebut CPU atau central processing unit, atau prosesor komputer, atau unit sistem. Prosesor yang digunakan dalam komputer mikro disebut disebut microprocessor .

October 24, 2011
Chapter 5 The Components Of The System Unit 2

Memori juga disebut main memory , penyimpanan primer (primer storage), atau random access memory (RAM), mengacu pada area penyimpanan tempat data yang sedang diproses dan instruksi program yang sedang dilaksanakan. Random access memory memampukan program komputer untuk pergi ke suatu area penyimpanan tertentu dan mengambil data yang diperlukan. Jumlah memori dalam komputer sangat berpengaruh pada persepsi pengguna terhadap kecepatan komputer.

October 24, 2011
Chapter 5 The Components Of The System Unit 2

Jika pemrogram menginginkan CPU untuk mengerjakan sesuatu,maka harus ditulis suatu instruksi yang dapat dipahami oleh CPU. Kumpulan dari instruksi inilah yang disebut dengan program. Program yang akan diproses dan data yang akan diolah oleh CPU harus diletakkan terlebih dahulu di memori utama. Proses ini yang biasa kita lakukan dengan mengetikkan nama program pada prompt prompt DOS, atau meng-klik ikon pada sistem operasi Windows. Instruksi-instruksi yang dapat diproses oleh CPU adalah instruksiinstruksi yang sudah dalam bentuk bahasa mesin.

October 24, 2011
Chapter 5 The Components Of The System Unit 2

Tahap pertama dari pemrosesan suatu instruksi oleh CPU disebut dengan instruction fetch , yaitu proses CPU mengambil atau membawa instruksi dari memori utama ke CPU. Tahap selanjutnya (kedua) disebut instruction execute , yaitu proses dari CPU untuk mengerjakan instruksi yang sudah diambil dari memori utama dan sudah berada di IR register . Waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan tahap pertama disebut waktu instruksi (instruction time ), dan waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan tahap kedua disebut waktu eksekusi (execution time) . Sedangkan total waktu yang dibutuhkan untuk kedua tahap tersebut dinamakan waktu siklus (cycle time) .

October 24, 2011
Chapter 5 The Components Of The System Unit 2

ROM bersifat non volatile yang bersifat supaya isinya tidak hilang bila listrik komputer dimatikan.

October 24, 2011
Chapter 5 The Components Of The System Unit 2

CPU hanya dapat menyimpan data dan instruksi di register yangberukuran kecil sehingga tidak dapat menyimpan semua informasi yang dibutuhkan untuk keseluruhan proses program. Untukmengatasi hal ini, maka CPU harus dilengkapi dengan alat penyimpanyang berkapasitas lebih besar yaitu memori utama. Unit ini dapatdibayangkan sebagai sekumpulan kotak-kotak yang masing-masingd apat menyimpan sepenggal informasi baik berupa data maupun instruksi.

October 24, 2011
Chapter 5 The Components Of The System Unit 2

Ukuran memori ditunjukkan oleh satuan byte, misalnya 1 Mb, 4 Mb, 8 Mb, 25 Mb atau bahkan ada yang sampai 2 Gb. Pada umumnya 1 byte memori terdiri dari 8 – 32 bit ( binary digit ), yaitu banyaknya digit biner (0 atau 1) yang mampu disimpan dalam satu kotak memori.

Single Post Navigation

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: