muhamad gunawan

Just another WordPress.com site

Pertemuan10

PANCASILA SEBAGAI SISTEM ETIKA

PENGERTIAN ETIKA

ETIKA MERUPAKAN CABANG DARI FILSAFAT. SEBAGAI SUATU USAHA ILMIAH, FILSAFAT DIBAGI MENJADI BEBERAPA CABANG (metafisika / ontologi, epistemologi dan aksiologi), MENURUT LINGKUNGAN DAN BAHASAN MASING-MASING.
CABANG-CABANG TSB. DIBAGI MENJADI DUA KELOMPOK BAHASAN YAITU :

FILSAFAT TEORITIS DAN FILSAFAST PRAKTIS.

SISTEMATIKA ETIKA

ETIKA UMUM, MEMPERTANYAKAN PRINSIP-PRINSIP YANG BERLAKU BAGI SETIAP TINDAKAN MANUSIA, SEDANGKAN ETIKA KHUSUS MEMBAHAS PRINSIP-PRINSIP ITU DALAM HUBUNGANNYA DENGAN PELBAGAI ASPEK KEHIDUPAN MANUSIA

ETIKA KHUSUS DIBAGI MENJADI: ETIKA INDIVIDUAL YANG MEMBAHAS KEWAJIBANNYA TERHADAP DIRI SENDIRI & ETIKA SOSIAL YANG MEMBAHAS TENTANG KEWAJIBAN MANUSIA TERHADAP MANUSIA LAIN DALAM HIDUP DI MASYARAKAT, JUGA MENYANGKUT KESADARAN & TANGGUNG JAWAB DALAM KEHIDUPAN BERSAMA DENGAN LINGKUNGAN.
ETIKA SOSIAL MEMBICARAKAN JUGA NORMA-NORMA MORAL SEPERTI ETIKA KELUARGA, PROFESI, POLITIK ATAU ETIKA LINGKUNGAN HIDUP.

ETIKA DESKRIPTIF, YANG BERKAITAN  DENGAN NILAI DAN NORMA, ETIKA INI MENILAI SECARA KRITIS  SIKAP & POLA PERILAKU MANUSIA,  “ APA YANG DIKEJAR OLEH MANUSIA DALAM HIDUP INI SEBAGAI SESUATU YANG BERNILAI”.

ETIKA NORMATIF, BERUSAHA MENERAPKAN BERBAGAI SIKAP DAN POLA PERILAKU YANG SEHARUSNYA DIMILIKI OLEH MANUSIA, “APA YANG SEHARUSNYA DIAMBIL, APA YANG BERNILAI DALAM HIDUP INI”.

NORMA-NORMA YANG MENGATUR MASYARAKAT:  NORMA AGAMA, NORMA KESUSILAAN, NORMA KESOPANAN DAN NORMA HUKUM.

NORMA AGAMA, BERPANGKAL PADA KEPERCAYAN ADANYA YANG MAHA KUASA, NORMA AGAMA DITENTUKAN OLEH TUHAN. PELANGGARAN TERHADAP NORMA AGAMA BERARTI PELANGGARAN TERHADAP PERINTAH TUHAN.
NORMA KESUSILAAN, BERPANGKAL PADA HATI NURANI MANUSIA SENDIRI. PELANGGARAN NORMA SUSILA BERARTI MELANGGAR PERASAAN SENDIRI. (Pelanggaran Kesusilaan diatur dalam KUHP pasal 532).
NORMA KESOPANAN, NORMA YANG TIMBUL ATAU DIADAKAN DALAM SUATU MASYARAKAT, YANG MENGATUR SOPAN SANTUN. NORMA KESOPANAN DIDASARKAN PADA KEBIASAAN. PELANGGARAN TERHADAP NORMA INI AKAN DICELA OLEH SEMUA ANGGOTA MASYARAKAT.

Single Post Navigation

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: