muhamad gunawan

Just another WordPress.com site

Pertemuan2

PANCASILA 2

Perjuangan bangsa Indonesia untuk mencapai cita-cita telah berjalan berabad-abad, dengan bermacam-macam cara dan tahapan. Sejarahnya memiliki alur yang sangat penjang, utk pembahasanya diperlukan tonggak-tonggak terhadap alur perjuangan tersebut. Penentuan tonggak-tonggak tersebut ditinjau dari peristiwa-peristiwa yang mempengaruhi karakteristik perjuangan, yang ada kaitannya dengan pancasila.

Tonggak-tonggak tersebut dapat diikhtisarikan sbb :

  • Masa Kerajaan (abad VI-XII), berdiri kerajaan-kerajaan besar dengan suasana kehidupan gemah ripah loh-jinawi, tata tentrem, kertaraharja. Dan merupakan Negara Negara berdaulat, bersatu, mempunyai wilayah hamper diseluruh nusantara.

Unsure-unsur yang merupakan benih pancasila pada jaman itu meliputi :

-Ketuhanan

-Kemanusiaan

-Persatuan

-Tata pemerintahan atas dasar musyawarah

-Keadilan social

  • Masa Penjajahan Barat (abad XV-XIX) merupakan awal kontak dengan bangsa-bangsa barat, kedatangan mereka ke daratan nusantara karena kesuburan Indonesia dengan hasil bumi. Mereka berlomba-lomba merebut merebut kemakmuran bumi Indonesia. Sejak itu, mulailah lembaran hitam sejarah Indonesia dengan penjajahan barat, khususnya belanda.
  • Masa Kebangkitan Nasional (20 mei 1908), merupakan awal tonggak kebangkitan bangsa yang telah sekian lamanya terbenam dalam penjajahan. Perlawanan secara fisik yang tidak ada koordinasi, mendorong pemimpin-pemimpin Indonesia untuk merubah bentuk perlawanan yaitu dengan cara menyadarkan bangsa Indonesia akan pentingnya bernegara.
  • Masa Berakhirnya Kolonialisme Asing (1942-1945), jepang masuk ke Indonesia manghalau belanda, merupakan awal koloni jepang di Indonesia. Namun, tidak bias bertahan lama, terjadinya perang pasifik, jepang mulai terdesak oleh amerika dan sekutunya.
  • Melihat kenyataan yang tidak menguntungkan, jepang mengubah haluan politik, mempropagandakan bahwa kehadirannya di Indonesia untuk membebaskn Indonesia dari cengkraman penjajah.
  • Tetapi hanya tipu muslihat agar rakyat Indonesia membantu jepang. Kenyataan yang dialami bangsa Indonesia, jepang sesungguhnya tidak kurang kejam dari pada penjajahan belanda.
  • Bangsa Indonesia mengalami penderitaan & penindasan, mengakibatkan kekecewaaan rakyat Indonesia atas perlakuan jepang, sehingga menimbulkan perlawanan.

PROKLAMASI  KEMERDEKAAN  REPUBLIK INDONESIA

Proklamasi kemerdekaan 17 agustus 1945, sebagai titik puncak bangsa Indonesia, merupakan buah perjuangan melawan penjajahan, baik dengan menggunakan organisasi atau perlawanan dengan melahirkan rasa nasionalisme.

Proklamasi kemerdekaan, sebagai sumber lahirnya RI telah melahirkan sumber hokum bagi pmbentukan Negara kesatuan republic Indonesia (NKRI).

Serta merta merupakan norma pertama dari tata hkum Indonesia, berarti bangsa Indonesia mulai saat itu telah mendirikan tata hokum yang baru, yaitu tata hokum Indonesia. Juga merupakan dasar berlakunya norma-norma dan turan hokum yang lain.

Catatan :

Secara ilmiah proklamasi kemerdekaan dpat mengandung pengertian sbb :

  1. Dari sudut hokum (secara yuridis), sejak proklamasi mulai saatnya tertib hukum nasional.
  2. Secara politis, idologi proklamasi mengandung arti bahwa bangsa Indonesia telah terbebas dari penjajahan asing dan memiliki kedaulatan untuk menentukan nasib sendiri dalam suatu Negara proklamasi.

Single Post Navigation

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: