muhamad gunawan

Just another WordPress.com site

Pertemuan1

Landasan Pendidikan Pancasila

PENDAHULUAN

Pendidikan adalah upaya masyarakat dan pemerintah guna kelangsunngan hidup warganya dan generasi penerus. Sehingga bermakna dan mampu mengantisipasi hari depan, yang senantiasa terkait dengan konteks budaya bangsa Indonesia.

Kemampuan tersebut, Memerlukan pembekalan ipteks yang dilandasi Nilai-nilai Yang menjadi panduan dan keyakinan dalam bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

Masyarakat (bangsa) Indonesia, selain menguasai ipteks, harus beriman dan bertakwa, berbudi pekerti luhur, sehat jasmani dan rohani, memiliki rasa bertanggung jawab yang bersendikan nilai-nilai pancasila.

Pancasila sebagai dasar Negara RI dan pandangan hidup bangsa tsb. Merupakan satu kesatuan & saling berkaitan serta ketergantungan.

PANCASILA

Pancasila, sebagai daar atau filsafat Negara RI secara resmi disahkan panitia persiapan kemerdekaan Indonesia (PPKI), tanggal 18 agustus 1945, dan diundangkan dalam berita republik Indonesia Tahun II (1946) No.7, terdiri atas 2 Bagian, Pembukaan & batang tubuh (Pasal-Pasal).

Pada alinea keempat pembukaan tercantum rumusan pancasila sebagai dasar Negara meliputi :

  1. Basis atau fundamen Negara,
  2. Tujuan yang menentukan Negara, dan
  3. Pedoman yang menentukan cara bagaimana Negara itu melaksanakan fungsi-fungsinya dalam mencapai tujuan.

Hakekat pancasila mengandung dua pengertian pokok, “Sebagai pandangan hidup bangsa Indonesia dan sebagai dasar Negara republic Indonesia.

LANDASAN YURIDIS PENDIDIKAN PANCASILA

  1. Pasal 31 ayat 3, “Pemerintah mengusahakan & menyelenggarakan satu system pendidikan nasional, yang meningkatkan keimanan & ketakwaan serta akhlak mulia dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, yang diatur dengan undang-undang.
  2. UU No.20 Tahun 2003 tentang Sitem Pendidkan Nasional
  3. Tap MPR No. X/MPR/1998 tentang pokok-pokok reformasi pembangunan dalam rangka penyelamatan dan normalisasi kehidupan nasional sebagai haluan Negara.
  4. KepMendiknas RI No. 056/U/1994, mengacu pada peraturan pemerintah (PP) No. 30 tahun 1990, Menetapkan bahwa status pendidikan pancasila dalam kurikulum pendidikan tinggi sebagai mata kuliah wajib untuk setiap program studi & bersifat nasional.
  5. Kep Menteri Pendidikan nasional RI No 010/0/2000.
  6. Kep Dirjen Dikti Depdiknas RI No 265/Dikti/Kep/2000

TUJUAN PENDIDIKAN PANCASILA

  • Rakyat melalui perwakilannnya, menyatakan bahwa pendidikan nasional diarahkan untuk meningkatkan kecerdasan serta harkat martabat bangsa
  • Mewujudkan manusia serta masyarakat Indonesia yang beriman dan bertakwa terhadap tuhan yang maha esa, berkualitas dan mandiri.
  • Sehingga mampu membangun dirinya dan masyarakat sekelilingnya serta bertanggung jawab atas pembangunan bangsa.
  • Tujuan perkuliahan pancasila juga untuk memberikan dasar-dasar ilmiah atau transformasi nilai melalui pengembangan pengetahuan secara ilmiah, serta untuk membentuk manusia pancasilais sebagai calon pemimipin bangsa di masa depan.
  • Memberikan pengertian, pancasila sebagai filsafat atau tata nilai bangsa, dasar Negara & ideology nasional dengan segala implikasi yang dihadapi dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, yang berlangsung sangat cepat, serta mengantisipasi perkembangan ipteks disertai pola kehidupan yang mengglobal.
  • Dengan memiliki pengetahuan pancasila secara ilmiah, mahasiswa akan memiliki ketahanan ideologis dalam menghadapi pengaruh negative dari luar.
  • Mempersiapkan warga Negara yang berkesadaran kebangsaan serta pemimpin-pemimpin yang bertanggung jwab terhadap Negara. Kesatuan republic Indonesia (NKRI) yang bersendikan pancasila.
  • Keberhasilan dalam pendidikan pancasila, akan membuahkan sikap mental bersifat cerdas, penuh tanggung jawab.

Single Post Navigation

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: